Manajemen SDM Pendidikan


MANAJEMEN SUMBER DAYA MANUSIA PENDIDIKAN

Salah satu bidang penting dalam Administrasi/Manajemen Pendidikan adalah berkaitan dengan Personil/Sumberdaya manusia yang terlibat dalam proses pendidikan, baik itu Pendidik seperti guru maupun tenaga Kependidikan seperti tenaga Administratif. Intensitas dunia pendidikan berhubungan dengan manusia dapat dipandang sebagai suatu perbedaan penting antara lembaga pendidikan/organisasi sekolah dengan organisasi lainnya, ini sejalan dengan pernyataan Sergiovanni, et.al (1987:134) yang menyatakan bahwa:

”Perhaps the most critical difference between the school and most other organization is the human intensity that characterize its work. School are human organization in the sense that their products are human and their processes require the sosializing of humans”

ini menunjukan bahwa masalah sumberdaya manusia menjadi hal yang sangat dominan dalam proses pendidikan/pembelajaran, hal ini juga berarti bahwa mengelola sumberdaya manusia merupakan bidang yang sangat penting dalam melaksanakan proses pendidikan/pembelajaran di sekolah.

Sumberdaya manusia dalam konteks manajemen adalah ”people who are ready, willing, and able to contribute to organizational goals (Wherther and Davis, 1993:635). Oleh karena itu Sumberdaya Manusia dalam suatu organisasi termasuk organisasi pendidikan memerlukan pengelolaan dan pengembangan yang baik dalam upaya meningkatkan kinerja mereka agar dapat memberi sumbangan bagi pencapaian tujuan. Meningkatnya kinerja Sumber Daya Manusia akan berdampak pada semakin baiknya kinerja organisasi dalam menjalankan perannya di masyarakat.

Meningkatkan kinerja Sumber Daya Manusia memerlukan pengelolaan yang sistematis dan terarah, agar proses pencapaian tujuan organisasi dapat dilaksanakan secara efektif dan efisien. Ini berarti bahwa manajemen Sumber Daya Manusia merupakan hal yang sangat penting untuk keberhasilan perusahaan, besar atau kecil, apapun jenis industrinya (Schuller and Jackson, 1997:32), aspek Manajemen Sumberdaya Manusia menduduki posisi penting dalam suatu perusahaan/organisasi karena setiap organisasi terbentuk oleh orang-orang, menggunakan jasa mereka, mengembangkan keterampilan mereka, mendorong mereka untuk berkinerja tinggi, dan menjamin mereka untuk terus memelihara komitmen pada organisasi merupakan faktor yang sangat penting dalam pencapaian tujuan organisasi (De Cenzo&Robbin, 1999:8). Menurut Barney (Bagasatwa,(ed),2006:12) sistem Sumber Daya Manusia dapat mendukung keunggulan kompetitif secara terus menerus melalui pengembangan kompetensi SDM dalam organisasi.

Manajemen Sumber Daya Manusia merupakan suatu ilmu dan seni yang mengatur proses pemanfaatan Sumber Daya Manusia dan sumber daya lainnya secara efektif dan efisien untuk mencapai suatu tujuan. Manajemen Sumber Daya Manusia merupakan suatu pengakuan terhadap pentingnya unsur manusia sebagai sumber daya yang cukup potensial dan sangat menentukan dalam suatu organisasi, dan perlu terus dikembangkan sehingga mampu memberikan kontribusi yang maksimal bagi organisasi maupun bagi pengembangan dirinya.

Dalam era yang penuh dengan perubahan, lingkungan yang dihadapi oleh manajemen Sumber Daya Manusia sangatlah menantang, perubahan muncul dengan cepat dan meliputi masalah-masalah yang sangat luas. Berdasarkan penelitian dan sumber-sumber lain menurut Mathis (2001:4) dapat disimpulkan bahwa tantangan yang dihadapi oleh manajemen Sumber Daya Manusia adalah sebagai berikut (a) perekonomian dan perkembangan teknologi; (b) ketersediaan dan kualitas tenaga kerja; (c) kependudukan dengan masalah­-masalahnya; (d) restrukturisasi organisasi. Oleh karena itu mengelola Sumberdaya manusia menjadi sesuatu yang sangat menentukan bagi keberhasilan suatu organisasi, kegagalan dalam mengelolanya akan berdampak pada kesulitan organisasi dalam menghadapi berbagai tantangan

Manajemen Sumber Daya Manusia merupakan faktor yang akan menentukan pada kinerja organisasi, ketepatan memanfaatkan dan mengembangkan Sumber Daya Manusia serta mengintegrasikannya dalam suatu kesatuan gerak dan arah organisasi akan menjadi hal penting bagi peningkatan kapabilitas organisasi dalam mencapai tujuannya. Untuk lebih memahami bagaimana posisi Manajemen SDM dalam konteks organisasi diperlukan pemahaman tentang makna Manajemen SDM itu sendiri, agar dapat mendudukan peran Manajemen SDM dalam dinamika gerak organisasi.

Tabel 1.

Pendapat Pakar tentang Manajemen Sumber daya Manusia

No

Pengertian Manajemen SDM

Pendapat

1.

Human Resource management is the management of people. Human Resource management is the responsibility of every manager. Human Resource management take place within a large system: Organization. Human Resource management can increase its contribution to employees, manager, and the organization by anticipating challenges before they arise

Wherther&Davis

(1993:28)

2.

Human Resource Management is the part of organization that is concerned with the people dimension

De Cenzo& Robbin

(1999:8)

3.

The utilization of the firm’s human assets to achieve organizational objectives

Mondy dan Noe (Susilo,2002:5)

4.

Manajemen Sumberdaya Manusia berhubungan dengan sistem rancangan formal dalam suatu organisasi untuk menentukan efektivitas dan efisiensi dilihat dari bakat seseorang untuk mewujudkan tujuan/sasaran yang telah ditentukan oleh suatu organisasi

Mathis dan Jackson (2001:4)

5.

Manajemen Sumber Daya Manusia merupakan penerapan pendekatan SDM di mana secara bersama-sama terdapat dua tujuan yang ingin dicapai, yaitu (1) tujuan untuk perusahaan dan (2) untuk karyawan

Mangkuprawira

(2003:14)

6.

Human resource management (HRM) refers to the policies, practices, and system that influence employees’ behaviour, attitudes, and performance

Noe, et.al (2006:5)

7.

Human resources management is the function performed in organization that facilitate the most effective use of people (employee) to achieve organizational and individual goals

Ivancivich (2007:4)

Adapun lingkup Manajemen Sumber Daya Manusia meliputi aktivitas yang berhubungan dengan Sumber Daya Manusia dalam organisasi. Fungsi Manajemen Sumber Daya Manusia terbagi atas, “fungsi manajemen yang meliputi planning, organizing, actuating, controlling dan fungsi operasional yang meliputi procurement, development, kompensasi, integrasi, maintenance, separation” (Cahyono,1996:2)

Fungsi perencanaan (planning) merupakan penentu dari program bagian personalia yang akan membantu tercapainya sasaran yang telah disusun oleh perusahaan. Fungsi pengorganisasian (organizing) merupakan alat untuk mencapai tujuan organisasi, dimana setelah fungsi perencanaan dijalankan bagian personalia menyusun dan merancang struktur hubungan antara pekerjaan, personalia dan faktor-­faktor fisik. Fungsi actuating, pemimpin mengarahkan karyawan agar mau bekerja sama dan bekerja efektif serta efisien dalam membantu tercapainya tujuan pihak-­pihak yang berkepentingan dalam organisasi. Fungsi pengendalian (controlling) merupakan upaya untuk mengatur kegiatan agar sesuai dengan rencana yang telah ditentukan sebelumrrya.

Funggsi pengadaan tenaga kerja (procurement) yang berupaya untuk mendapatkan jenis dan jumlah karyawan yang sesuai dengan kebutuhan perusahaan. Fungsi pengembangan (development) harus dilaksanakan untuk meningkatkan ketrampilan mereka melalui pendidikan dan pelatihan untuk meningkatkan prestasi kerja. Fungsi integrasi (integration) merupakan usaha untuk mempersatukan kepentingan karyawan dan kepentingan organisasi, sehingga tercipta kerjasama yang baik dan sating menguntungkan. Fungsi pemeliharaan (maintenance) tenaga kerja yang berkualitas perlu dilakukan agar mereka mau tetap bekerja sama dan loyal terhadap organisasi. Fungsi pemberhentian (separation) yang merupakan putusnya hubungan kerja seseorang dengan perusahaan karena alasan-alasan tertentu.

Menurut Lunenburg dan Ornstein (2004:53), dalam proses Manajemen Sumberdaya Manusia terdapat enam program yaitu :

1. Human resource planning

2. Recruitment

3. Selection

4. Professional develepment

5. Performance appraisal

6. Compensation

Human resource planning merupakan perencanaan Sumberdaya Manusia yang melibatkan pemenuhan kebutuhan akan personel pada saat ini dan masa datang, dalam konteks ini pimpinan perlu melakukan analisis tujuan pekerjaan syarat-syarat pekerjaan serta ketersediaan personil. Recruitment adalah paya pemenuhan personil melalui pencarian personil yang sesuai dengan kebutuhan dengan mengacu pada rencana Sumber Daya Manusia yang telah ditentukan. Kemudian dari pendaptar yang diperoleh dalam rekrutmen, dilakukanlah selection untuk menentukan persenonil yang kompeten sesuai dengan persyaratan pekerjaan yang ditetapkan.

Apabila Personil yang dibutuhkan telah diperoleh, maka langkah Manajemen Sumber Daya Manusia yang amat diperlukan adalah Professional development atau pengembangan profesional yang merupakan upaya untuk memperbaiki dan meningkatkan kompetensi personil agar dapat memberikan kontribusi yang lebih besar bagi kepentingan organisasi. Dalam hubungan ini maka diperlukan upaya untuk melakukan penilaian kinerja (performance appraisal) sebagai upaya untuk memahami bagaimana kondisi kinerja personil dalam organisasi yang amat diperlukan dalam menentukan kebijakan kompensasi (compensation) serta pengembangan karir personil.

Manajemen Sumberdaya manusia dalam suatu organisasi pada dasarnya hanyalah suatu cara atau metode dalam mengelola Sumber Daya Manusia agar dapat mendukung dalam pencapaian tujuan organisasi, melalui upaya-upaya yang dapat mengembangkan kompetensi Sumber Daya Manusia menjalankan peran dan tugasnya dalam suatu organisasi, oleh karena itu tujuan dari Manajemen Sumber Daya Manusia adalah memanfaatkan dan mengembangkan sumberdaya manusia dalam organisasi untuk bekerja dengan baik dalam mewujudkan tujuan organisasi. Menurut Wherther dan Davis (1993:10) ”the purpose of human resources management is to improve the productive contribution of people to the organization in an ethical and sosially responsible way”. Sementara itu secara rinci Wherther dan Davis (1993:11) menyatakan bahwa tujuan dari pada manajemen sumberdaya manusia adalah :

a. ”Societal objective. To be ethically and sosially responsible to the needs and challange of society while minimizing the negative impact of such demand upon thr organization

b. Organizational objective. To recognize that human resource management exists to contribute to organizational effectiveness. Human resource management is not an end in itself; it is only a means to assist the organization with its primary objectives. Simply stated, the departement exists to serve the rest of the organization

c. Functional objective. To maintain the department’s contribution at a level appropriate to the organization’s needs. Resourcesare wasted when human resource management is more or less sophisticated than the organization demand. The department’s level of service must be tailored to the organization it serve

d. Personal objective. To assisst employees in achieving their personal goal, at least insofar as these goals enhance the individual’s contribution to the organization. Personal objective of employees must be met if workers are to be maintained, retained, and motivated. Otherwise, employee performance and satisfaction may decline, and employees may leave the organization”

Manajemen Sumber Daya Manusia sebagai salah satu bagian dari Manajemen Organisasi secara keseluruhan jelas akan berpengaruh pada bidang-bidang manajemen lainnya, karena pada dasarnya semua organisasi itu bergerak dan berjalan karena adanya aktivitas dan kinerja Sumber Daya Manusia yang bekerja dalam organisasi.

Dengan demikian nampak bahwa manajemen sumberdaya manusia sangat penting peranannya dalam suatu organisasi termasuk dalam lembaga pendidikan seperti sekolah yang juga memerlukan pengelolaan Sumberdaya manusia yang efektif dalam meningkatkan kinerja organisasi. Tuntutan akan upaya peningkatan kualitas pendidikan pada dasarnya berimplikasi pada perlunya sekolah mempunyai Sumber Daya Manusia pendidikan baik Pendidik maupun Sumber Daya Manusia lainnya untuk berkinerja secara optimal, dan hal ini jelas berakibat pada perlunya melakukan pengembangan Sumber Daya Manusia yang sesuai dengan tuntutan legal formal seperti kualifikasi dan kompetensi, maupun tuntutan lingkungan eksternal yang makin kompetitif di era globalisasi dewasa ini, yang menuntut kualitas Sumber Daya Manusia yang makin meningkat yang mempunyai sikap kreatif dan inovatif serta siap dalam menghadapi ketatnya persaingan.

108 Balasan ke Manajemen SDM Pendidikan

  1. Gilang berkata:

    minta izin u copy bahan ya

  2. anay berkata:

    terima kasih bahannya ya pak maaf download mudah mudahah ditambah lagi artikelnya dan bisa download lagi hee,…

  3. cinta berkata:

    mas, numpang ngopi buat bahan tugas.. makasih

  4. chicha berkata:

    mas,,, numpang copy yya,, buat referensi tugas kuliah aku..
    makasiiih…

  5. hendra berkata:

    teori mulu…
    Sarjana kok ga ada data komplit se indonesia…
    Misalnya…berapa jumlah guru di SD 1 Kuningan??

  6. hendra berkata:

    pasti ga sanggup se Indonesia…
    yaaa se wilayah 3 cirebon….
    masih ga mampu ???
    atuh sarjana na tingkat kabupaten???
    berapa jumlah rasio guru dan siswa serta kelebihan dan kekurangan guru se kabupaten kuningan hari ini???

  7. Nafi'uddin berkata:

    Makasih, moga manfaat untuk semua.

  8. Muslim Ginting berkata:

    terimakasih ya atas tulisannya mohon izin untuk dikopy

  9. rini berkata:

    trims buat infonya

  10. azmi berkata:

    terimakasih pak materinya,,saya ingin download materi ini,,

  11. fatkhur roziqin berkata:

    pak boleh ya materinya saya kopi untuk bahan makalah

  12. FACHLEVI berkata:

    seep dech materinya…mhn ijin utk copy…g ad tugas. tks

  13. eni berkata:

    makasih mas, boleh ya mhn ijin copy ya…, buat jawab tugas kuliah

  14. Rian berkata:

    Tolong info artikel tentang SDM pendidikan dan resensinya.

  15. Ahmad berkata:

    Bapak telah berjasa besar dalam hal e-learning, terima kasih atas tulisannya yg sangat membantu ini, smoga kelak sy bisa mengikuti jejak bapak sbg penyebar ilmu. Amiin.

  16. Ahmad berkata:

    Bapak telah berjasa besar dalam hal e-learning, terima kasih atas tulisannya yg sangat membantu ini, smoga kelak saya bisa mengikuti jejak bapak sbg penyebar ilmu. Amiin.

  17. zulfakar berkata:

    terimakasih ya atas tulisannya mohon izin untuk dikopy

  18. bambang berkata:

    Seneng deh makin gampang nyontek makalah

  19. djumadi berkata:

    Terima kasih informasinya semoga masyarakat mendapat manfaat yang sebesar-besarnya, mudah murah bermanfaat semoga SDM Indonesia lebih baik lagi Amin

    • maskuri berkata:

      Terima kasih ertikel anda bermanfaat bagi saya, dan semoga mendapat balasan yang lebih baik lagi , juga dapat menjadikan semakin berkarya lagi

  20. Khoironi berkata:

    Ilmu kalau diamalkan akan selalu bertambah. Makasih pak, materi ini sangat bermanfaat.

  21. widi berkata:

    terima kasih artikelnya mudah-mudahan menambah wawasan saya. tolong di perbanyak lagi agar saya bisa membaca lagi terima kasih..

  22. fa berkata:

    ikut copy juga mas, tanks yaaaa

  23. brilly berkata:

    Terima kasih,maaf ngikut copas.Artikelnya top.

  24. Usman affandi berkata:

    Terimakasih boz,mohn izin copy to bahan kuliah,

  25. satrio berkata:

    mohon izin download ya Pak

  26. Hendra berkata:

    mkasi ea
    berkat anda saya mendapat bahan utk mengerjakan tgaz ospek ini
    hehehehehe

  27. el-fariz berkata:

    terima kasih bahannya ya pak maaf download mudah mudahah ditambah lagi artikelnya dan bisa download lagi hee,…

  28. roziqin berkata:

    prof. ijin kopi untuk tugas

  29. arifin berkata:

    terima kasih pak materix bagus2…saya download untuk di presentasikan..semoga ide2nya tetap bertambah banyak..

  30. wawan berkata:

    sip banget … ijin copy buat reference tugas ya mas

  31. Siti Jauhar Amal berkata:

    Terima kasih materi/tulisannya, sangat membantu untuk referensi, semoga Bapak sehat n dapat terus mentransgfer ilmu, amin

  32. Siti Jauhar Amal berkata:

    Terima kasih, tulisannya sangat bermanfaat untuk acuan, semoga sehat n terus bisa mentransfer ilmu, amin. Izin mengunduh

  33. fian pratama berkata:

    thnk’s very much pak, Semoga apa yang telah Bpk tulis ini mempunyai manfaat dan barokah yang sangat besar di kalangan kaum remaja, semoga Bpk selalu sehat di bawah naungan yang maha kuasa dan mudah-mudahan terus memberikan inspirasinya untuk kita, Amin………..

  34. Rudy berkata:

    salam kenal, Pak Uhar Suharsaputra.
    Saya senang ternyata bapak bisa memberi kajian tentang pendidikan dan sumber daya manusia. Kebetulan topik skripsi saya ada keterkaitan dengan pendidikan dan sumber daya manusia
    Kalau boleh, bisa tolong beritahu nama judul buku dari kutipan-kutipan yang tertulis di blog bapak ini sebagai daftar pustaka.
    seperti :
    1. Sergiovanni, et.al (1987:134)
    2. Menurut Barney(Wherther and Davis, 1993:635)
    Besar harapan saya, bapak bisa membantu untuk penyusunan bab 1.
    Atas perhatian dan kerjasamanya, saya ucapkan banyak terima kasih. God Bless You.

  35. ifa berkata:

    saya butuh lebih banyak bahan tentang SDM BIDANG pendidikan khususx sebab mata kuliah ada itu tp kbanyak yg dterbitkan dwibsite mengarah pd perusahaan sy sangat kesulitan buku pedomanpun belum menemukan yg kependidikan…

  36. darwita berkata:

    mohon izin mengambil beberapa point yang saya butuhkan ya pak… terimakasih

  37. rohani meliala berkata:

    sebaik-baik manusia adalah yang bisa memberikan manfaat kepada orang lain;tentu saja tanpa pamrih.Terimakasih ilmunya,semoga menjadi amal ibadah bagi bapak,amiiin.

  38. yadi.sma "17" 1 yk berkata:

    trims n salam.

  39. Siane berkata:

    Terimaksih banyak pak, tulisannya sangat membuka wawasan dan menambah bahan mata ajaran kami. sayang ingin menelurusi lebih jauh daftar pustakanya tapi tak ada bukunya.

  40. nurul berkata:

    ikut copy mas thank’s ya

  41. sanwanih berkata:

    thank mas

  42. m.syarif berkata:

    terimakasih tulisannya, mohon idzin tuk membahas dan ngopi.tulisannya dapat sangat bagus dan menambah wawasan saya.

  43. Ayatul Uzwa Khazana berkata:

    mz ngopi ya!!
    buat bahan praktikum
    sukron!!!

  44. romy berkata:

    thanks yh buat infonya?

  45. Teti Mardiana berkata:

    terima kasih bapak menuliskan materi ini,mohon izin mencuplik beberapa bagian ya Pak. semoga Bapak selalu dalam lindungan Allah SWT. amin

  46. WILDA SAKINAH berkata:

    MORE IMPORTANT FOR ME….
    ThanKS.
    ARTIKEL ini sNgt bRmnFAAt
    AND……
    ARTIKEL bAPAk SO GOOoooooooOD…..

  47. Iva berkata:

    Trims bahannya. Izin copy ya pak, saya sedang belajar manajemen, semoga bapak mendapat balasan dari Allah SWT, atas ilmu yang diberikan untuk membelajarkan masyarakat, amin

  48. Arin berkata:

    Thanks bahannya, pak. Ijin copy ya pak untuk tugas kuliah MSDM. Semoga bapak semakin diberkati oleh Allah. amin

  49. fahmi berkata:

    makasih yaa pak atas artikelnya..
    saya ijin copy untuk tugas saya die skolah..

    salam kenal..

  50. Aries berkata:

    Maksih ya pencerahan boleh izin buat bahan kuliah…

  51. rafpanana berkata:

    thanks buat artikelnya.. izin buat copy yya.. :)

  52. Muslem berkata:

    Alhamdulilah, artikel ini setidaknya bisa menjadi referensi saya untuk menyusun makalah “fungsi manajemen sumber daya pendidikan bagi guru”. terima kasih,
    semogah menjadi khazanah pemikiran dalam bidang pendidikan.

  53. rusma berkata:

    Teimakasih atas bagi2 ilmunya. Smoga jadi amal kebaikan

  54. Imran Manuk berkata:

    Maaf saya juga ngopi tuk referensi tuk materi kuliah manajemen pendidikan di STKIP Melawi Entikong di Perbatasan Indoneisa Malaysia.

  55. madin berkata:

    terima kasih bapak menuliskan materi ini,
    mohon izin mencuplik beberapa bagian ya Pak. mohon di beri fotnote dan referensi bukunya biar agak lengkap,
    semoga Bapak selalu dalam lindungan Allah SWT. amin

  56. kifli09 berkata:

    terima kasih infonya, sangat membantu

  57. abdul wahid berkata:

    خــــــير الناس انفعهم للنـــاس , شكرا كثيرا جزاك الله خيرا

  58. zam-zam berkata:

    matornuwun sangeeeet…

  59. izzati berkata:

    terima kasih y pak… saya mohon izin ngopi..

  60. cecep berkata:

    terima kasih. dengan ilmu yang telah diberikan, semoga menjadi pahala sepanjang masa

  61. Asty berkata:

    makasi

  62. mohon izin buat memberi kuliah ya, terima kasih

    koesmawan

  63. abdurahman berkata:

    ijin buat copy tulisnnya, untuk referensi bacaan

  64. Ilham berkata:

    Mohon izin tuk copy artikelnya ya pak.. sangat bermanfaat mau tanya apa ada daftar referensi buku dr artikel di atas pak?

  65. Syukron katsiron ust…….insyaallah bermanfaat, izin ngopi ya…………

  66. juhri syiwa berkata:

    maaf mo copy materi ini, boleh kan? makasih

  67. suprianto berkata:

    that very good…..

  68. rocky berkata:

    numpang copy, bwt presentasi. mksh ya.

  69. srirahmalina berkata:

    terima ksh pak..sy jg izin ngopy ya..and smg tambah byk dan manfaat ilu bpk,mg sy bs ketularan..

  70. rohmat berkata:

    ijin mengcopy untuk bahan paper saya, terimakasih banyak….

  71. sarju berkata:

    izn copy,untuk bahan pembuatan makalah mata kuliah MSDP

  72. ida fitria berkata:

    ulasan yg menarik…izin copy pak buat tugas kampus

  73. niswa berkata:

    kok gak ada daftar pustakanya,,,

  74. adi berkata:

    terima kasih mohon ijin ngopi bahan

  75. imran manuk berkata:

    semoga apa yang bpk berikan di kolom bermanfaat bg kami di S2 Untan tuk MK MSDM

  76. aannurefendi berkata:

    NUMPANG NGOPI UNTUK BAHAN TUGAS PAK…..

  77. rita sahara berkata:

    Alhamdulillah menambah wawasan, ijin download ya pak…

  78. euis fatonah berkata:

    terima kasih pak…ikut copy buat tugas ya pak

  79. adi mandar berkata:

    Terima kasih pak. Izin copy ya pak

  80. sabaruddin berkata:

    bagus dan mantap tulisan bapak, tolong kelanjutannya.

  81. vera berkata:

    trimakasih bnyk Pak, tulisannya sngt bermanfaat, permisi to. copy.

  82. kusmanto berkata:

    Mohon ijin copy makalah Bapak,trims

  83. abdul wakhid berkata:

    Trimakasih informasinya untukl bahan tambahan tugas

  84. dedi siswanto daeli berkata:

    terima kasih banyak pak atas berbagi ilmu yang bapak berikan…

  85. Aira KiRei berkata:

    Sangat membantu.. (y)
    Terima kasih banyak..

  86. Koman berkata:

    ijin copy buat bacaan, bapak … terima kasih

  87. vita berkata:

    sangat membantu..trimksih

  88. Rini berkata:

    mantap,… thanks ya sudah share ilmu :)

  89. makasi gan atas infonya semoga bermanfaat buat semua orang

  90. Tri berkata:

    gak ada referensinyaa

  91. anis berkata:

    Thank you.,,^_^

  92. wira berkata:

    suksma

  93. dimas berkata:

    sngat bermanfaat, ijin copy & share , syukron jazakllohu

  94. ica berkata:

    sharing dong,, Jika Anda diminta memilih tempat untuk mengembangkan usaha, apakah Anda akan memilih daerah dengan sumber daya manusia yang murah atau daerah dengan sumber daya manusia yang berkualitas?

  95. sanghyang berkata:

    thanks ya

  96. Ping balik: MANAJEMEN SUMBER DAYA MANUSIA PENDIDIKAN | Mustakimah

  97. Vinsen Wangge berkata:

    terima kasih ya…. tulisannya bermanfaat buat nambah referensi pribadi. izin coppy ya?

  98. Gazali berkata:

    Berbagi ilmu dan pandangan adalah kebaikan “ajaib and ajib ” terimakasih

  99. Bambang R berkata:

    Salam hormat kepada Penulis, terima kasih telah berbagi pengetahuan dan mohon izin untuk dijadikan referensi. Tks.

  100. bambang berkata:

    mhn ijin ikut ngopy utk referensi

  101. fahri berkata:

    mohon izin mengcopy ya pak buat bahan makalah

  102. sumara indra berkata:

    ijin copy buat referensi. trima kasih

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s