Mikir Teliti

MENEELITI BERATI BERFIKIR PLUS AKSI. JADI KETIKA SESEORANG MELAKUKAN PENELITIAN DORONGAN DAN DASAR UNTUK MELAKUKANNYA HARUSLAH SEBENTUK FIKIRAN YANG DIPANTULKAN LEWAT KENYATAAN DAN FAKTA-FAKTA YANG MEMERLUKAN PEMAHAMAN LEBIH MENDALAM.

NAH..DALAM KONTEKS INI PERAN PERGURUAN TINGGI DENGAN TRIDHARMANYA MAKIN MENGEMUKA, PERGURUAN TINGGI BUKAN HANYA SEKEDAR TEMPAT MELAKSANAKAN PROSES PEMBELAJARAN DI RUANG-RUANG SEMPIT TAPI MERUPAKAN TEMPAT MENGEMBANGKAN PEMAHAMAN TENTANG BERBAGAI FENOMENA YANG TERJADI DALAM HIDUP DAN KEHIDUPAN, DAN PEMAHAMAN AKAN SESUATU BUKANLAH SUATU KONDISI TAPI SUATU PROSES EVOLUSI DAN DIALEKTIKA ANTARA SUBJEK DENGAN OBJEK, DALAM KONTEKS INI BERFIKIR MEMANTUL MENJADI SUATU KENISCAYAAN BAGI SIAPAPUN YANG BERGERAK DALAM DUNIA PENDIDIKAN TERMASUK PERGURUAN TINGGI.

LANTAS DIMANA POSISI KITA, INI PERTANYAAN REFLEKTIF YANG HARUS DIJAWAB OLEH KITA MASING-MASING, MESKIPUN ORANG LAIN DAN LEMBAGA TELAH MEMPOSISIKAN DALAM TEMPAT DAN KONDISI TERTENTU, NAMUN SEMUA ITU JELAS HANYALAH SEBAGAI PEMICU UNTUK TERUS MERUBAH DAN MENINGKATKAN POSISI KEILMUAN KITA DALAM KONTEKS PENGABDIAN DI DUNIA PENDIDIKAN..

DAN DALAM KAITANNYA DENGAN PENELITIAN PETA POSISI MUNGKIN DAPAT MEMBANTU MELETAKAN KITA BERADA DIMANA, PALING TIDAK TERDAPAT EMPAT POSISI YAITU 1) PUNYA KEMAMPUAN TAPI KURANG KEMAUAN (BOGA KABISA EUWEUH KAHAYANG), 2)  KURANG MAMPU TAPI PUNYA KEMAUAN (BOGA KAHAYANG EUWEUH KABISA), 3) KURANG MAMPU DAN TIDAK PUNYA KEMAUAN (EUWEUH KAHAYANG EUWEUH KABISA), DAN 4) PUNYA KEMAMPUAN DAN KEMAUAN (BOGA KABISA BOGA KAHAYANG). JADI BERPROSESLAH UNTUK MERUBAH POSISI DAN ITU HANYA BISA DENGAN KEKUATAN BERFIKIR BAHWA TIDAK BERFIKIR ITU MERUPAKAN MUSIBAH BAGI PERKEMBANGAN ILMU DAN PERWUJUDAN KEMANUSIAAN…..NAH… MARI BERPROSES….. UNTUK MEWUJUDKAN FIKIRAN KE DALAM TINDAKAN……TENTU YANG ILMIAH……DAN ITU JELAS BUKAN SESUATU HAL YANG MUSTAHIL………

Tentang Dr. Uhar Suharsaputra

PENELITI DAN PENULIS
Pos ini dipublikasikan di Tak Berkategori. Tandai permalink.

3 Balasan ke Mikir Teliti

  1. fauzan Japanese berkata:

    2) KURANG MAMPU TAPI PUNYA KEMAUAN (BOGA KAHAYANG EUWEUH KABISA), gimana nih Pak kalau seperti ini…. saya ingin sekali membuat buku (minimal modul) untuk Pelajaran yang saya ampu. kebetulah saya mengajar bahasa jepang untuk SMK, sampai sekarang masih belum ada buku yang khusus untuk SMK. mohon berikan masukan, terimakasih (Ahmad Fauzan, Mahasiswa Pascasarjana Uniku 2012 (1) kelas B

  2. BSW Gramedia berkata:

    Bener banget, Pak! Mata saya terbuka…

    http://www.bswgramedia.com

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s