Inovasi Pendidikan


Pengertian Inovasi Pendidikan

·         Inovasi adalah an idea, practice or object thatperceived as new by an individual or other unit of adoption. Menurut Prof. Azis Inovasi berarti mengintrodusir suatu gagasan maupun teknologi baru, inovasi merupakan genus dari change yang berarti perubahan. Inovasi dapat berupa  ide, proses dan produk dalam berbagai bidang. Contoh bidangnya adalah :

o       Managerial

o       Teknologi

o       Kurikulum

·        Menurut Miles karakteristik inovasi adalah

o       Deliberate

o       Novel

o       Specific

o       Direction to goal attaintment

·        Aspek pokok yang mempengaruhi inovasi adalah :

o       Struktur

o       Prosedur

o       Personal

            Inovasi yang berbentuk metode dapat berdampak pada perbaikan, meningkatkan kualitas pendidikan serta sebagai alat atau cara baru dalam memecahkan masalah yang dihadapi dalam kegiatan pendidikan. Dengan demikian metode baru atau cara baru dalam melaksanakan metode yang ada seperti dalam proses pembelajaran dapat menjadi suatu upaya meningkatkan efektivitas pembelajaran.

            Sementara itu inovasi dalam teknologi juga perlu diperhatikan mengingat banyak hasil-hasil teknologi yang dapat dipergunakan untuk meningkatkan kualitas pendidikan, seperti penggunaannya untuk teknologi pembelajaran, prosedur supervise serta pengelolaan informasi pendidikan yang dapat meningkatkan efisiensi pelaksanaan pendidikan.

·        Praktisi Pendidikan dapat dikelompokan ke dalam :

1.      Administrator terdiri dari :

    1. Principal
    2. Superintendent
  1. Teacher

·        Dalam hal penerimaan atau sikap terhadap perubahan  dua kelompok ini mempunyai pandangan dan sikap yang tidak selalu sama, karena peran yang dimainkan dalam melaksanakan kegiatan pendidikan berbeda dan lingkungan kerja yang sering dijalani masing-masing juga berbeda

·        Menurut Ernest R House, dalam pendidikan Administrator (Kepala dan Pengawas lebih  mudah menerima inovasi disbanding guru karena :

1.      Sosial interaction inhibit diffusion across professional boundaries

2.      Teacher remain isolated in classroom which does not enhance the diffusion of new idea within the profession

3.      Never adopt innovation as a whole, only bits and pieces

4.      Passive adopter

·        Dalam konteks Indonesia, inovasi pendidikan umumnya merupakan suatu gerakan yang bersifat top down,dalam arti inisiatif dalam melakukan inovasi selalu dating dari pihak pemerintah

Proses Inovasi

Proses Inovasi berkaitan dengan bagaimana suatu inovasi itu terjadi, di sini ada unsure keputusan yang mendasarinya, oleh karena itu proses inovasi dapat dimaknai sebagai proses keputusan Inovasi (Innovation decision Process). Menurut Everett M Rogers proses keputusan inovasi adalah the process through which abn individual (or other decision making unit) passes from first knowledge of an innovation,to forming an attitude toward the innovation, to a decision to adopt or reject, to implementation of the new ide, and to confirmation of this decision

Prinsip-prinsip Komunikasi dalam proses inovasi

1.      Mass media lebih penting/efektif pada tahap Knowledge

2.      Komunikasi interpersonal lebih penting/efektif pada tahap Persuasion

3.      Mass media lebih penting/efektif untuk adopter pemula

Atribut Dan Sumber-Sumber Inovasi

§         Terdapat lima atribut inovasi :

1.      Relative Advantage

2.      Compatibility

3.      Complexity

4.      Trialibility

5.      Observability

§         Penjelasan :

1.      Kondisi dimana inovasi dipandang lebih baik dari ide sebelumnya,yang nampak dari keuntungan ekonomis, pemberian status, atau cara lainnya

2.      Keadaan dimana suatu inovasi dipandang konsisten dengan nilai-nilai yang ada, pengalaman masa lalu, dan kebutuhan potensil adopter, atau inovasi itu dipandang sesuai dengan : 1) Socio cultural value and belief; 2) Previously introduces idea; 3) Clients needs for innovation

3.      Keadaan dimana inivasi dipandang secara relative sulit difahami dan digunakan. Keadaan ini berpengaruh negatif terhadap  tingkat adopsi.

4.      Keadaan dimana suatu inovasi dapat diuji secara terbatas, kondisi ini berhubungan positif dengan tingkat adopsi.

5.      Keadaan dimana hasil suatu inovasi dapat dilihat orang lain. Kondisi ini berhubungan secara positif dengan tingkat adopsi

§         Disamping hal tersebut di atas tingkat adopsi juga dipengaruhi oleh :

1.      Tipe keputusaninovasi (optional, kolektif, otoritas)

  1. Communication (Saluran komunikasi)
  2. Nature of Sosial system ( Norma, tingkat hubungan sosial)
  3. Extent of Change  agents (upaya promosi)

Keinovatifan Dan Kategori Penerima Inovasi

Keinovatifan (Innovativeness) adalah the degree to which an individual or other onit of adoption is relativelyearlier in adopting new ideas than other member of a system (Everett M Roger)

§         Kategori Adopter :

  1. Innovator
  2. Early adopter
  3. Early majority
  4. Late majority
  5. Laggards

§         Ciri-cirinya :

  1. Innovator :

o       Very eager to try new ideas

o       Desire the hazardous, the rash, thedaring, risky

o       Kosmopolitan

  1. Early adopter

o       Lokalist

o       Has the greater degree of opinion leader (berperan  to decrease uncertainty about new idea by adopting it)

  1. Early Majority

o       Deliberate before adopting a new idea

o       Follow with deliberate willingness in adopting innovation, seldom lead

  1. Late majority

o       Adopt after average number of sosial system

o       Approach innovation with skeptical

  1. Laggards

o       Reference to the past, including in decision making

o       Traditional

o       Suspicious to innovation and change agent

 

63 Balasan ke Inovasi Pendidikan

  1. Gelar S Ramdhani berkata:

    Sudah seyogyanya setiap insan pendidik atau penyelenggara pendidikan melalukan berbagai inovasi-inovasi dalam dunia pendidikan Indonesia. Kalau masih menggunakan konsep konvensional terus kapan bisa menyalip negara lain dengan signifikan??

  2. Naning berkata:

    terima kasih tulisannya pak doktor, manfaat banget buatku.

  3. Ping balik: INOVASI PENDIDIKAN | chechehanita

  4. Ping balik: TUGAS AKHIR INOVASI PENDIDIKAN « dhesyratnasari

  5. Ping balik: dewiisma170

  6. Ping balik: mayrovita27

  7. Ping balik: Inovasi Pendidikan « mayrovita27

  8. Ping balik: konsep inovasi … | azmanniar

  9. Ping balik: perkembangan sosial dan bahasa remaja | azmanniar

  10. maya yustia berkata:

    Kebarakahan buat Bapak.
    Bahasan-bahasan Bapak sangat membantu saya dalam menempuh pasca sarjana saya.

    Salam kenal

  11. herianda_angga@yahoo.com berkata:

    terima kasih pak.. sudah membantu saya dalam membuat tugas.. dan memberi pengertian – pengertian yang bagus… sehingga saya dapat mempresentasikan nya dengan benar pak.. thank you so much ya pak..

  12. noviandi berkata:

    trimakasih, sangat bermanfaat sekali

Tinggalkan komentar

Situs ini menggunakan Akismet untuk mengurangi spam. Pelajari bagaimana data komentar Anda diproses.