Filsafat Ilmu


fllsafat-ilmu.Klik disini

35 Balasan ke Filsafat Ilmu

  1. yayah tarsiah berkata:

    faktor apa yang mempengaruhi penguasaan ilmu pengetahuan dan teknologi sekarang di kuasai orang-orang yahudi?klarena yang kita tahu berdasarkan sejarah ilmu pengetahuan dan teknologi dulu di kuasai oleh orang-orang muslim,contoh ibnu sina ahki kedokteran,dll.tetapi sekarang bergeser/berpindah orang yahudi yang menguasai.apa sebabnya?…

    Nama: yayah tarsiah
    Kelas: 1-c /PE-AP

    • kang anton berkata:

      menurut pendapat saya dikarenakan faktor sentimen saja terhadap muslim dan mereka tidak ingin kita menjadi suatu golongan yang maju melebihinya.dan sayangnya kita sendiri sekarang lebih banyak membaca alquran daripada mengkaji alquran.sedangkan mereka lebih bisa dikatakan open mind dan berpikir kritis terhadap suatu hal apapun.kita terlalu jarang untuk berpikir kita lebih mempercayai perkataan orang tanpa berpikir apalagi orang tersebut merupakan tokoh yang belum tentu setiap perkatannya benar.

  2. ryan berkata:

    selamat pagi pak, saya ryan mahasiswa dari fakultas ilmu komunikasi universitas sahid jakarta. saya mohon bantuan bapak tentang ontologi ilmu komunikasi. saya berharap bapak bisa membantu saya untuk mengerjakan tugas tentang ontologi ilmu komunikasi.

    atas bantuannya, saya ucapkan banyak-banyak terima kasih.

  3. sesungguhnya ilmu itu banyak kelebihan kepala ilmu itu tawadhu, matanya adalah bebas dari dengki telinganya adalah faaham. lisannnya adalah kejujuran, hapalannya adalah pemeriksaan, hatinya adalah niat yan baik, akalnya adalah mengenal perkara-perkara yang wajib, tangannnya adalah kasih sayang dan sillaturahmim kakinya adalah mengunjungi ulama, tekadnya adalah kesehatan hikmahnya adalah wara atau hati-hati, tempatnya adalah selamat,penuntunya adalah kesejahteraan, kendaraannya adalah kesetiaan dan senjatanya adalah kelembutan bicara, pedangnya adalah keridhaan, busurnya adalah dialog, pasukannya adalah berdekatan dengan ulama hartanya adalah adab dan amal, tabungannya adalah menjauhi dosa, bekalnya adalah kebaikan, airnya adalah perpisahan, petunjuknya adalah hidayah, teman dekatnya adalah bersahabat dengan org shaleh yang menuntut ilmu

  4. ANDRIANTO/MAN.KARYAWAN berkata:

    ILMU MRP SUATU PENGETAHUAN YANG KEBENARANNYA SUDAH DIBUKTIKAN, JADI KITA SEBAGAI MANUSIA APABILA INGIN BAHAGIA DAN SEJAHTERA KITA HARUS BERPIKIR YAITU DENGAN DIDASARI ILMU DUNIA DAN AKHIRAT MAKA KITA TIDAK PERLU SUSAH UNTUK MEMPEROLEH HIDUP SUKSES, KARENA APABILA KITA SUDAH MENEMUKAN KUNCINYA (ILMU) MAKA KITA AKAN SELALU WASPADA DAN HATI-HATI DALAM BERBUAT.

  5. ANDRIANTO/MAN.KARYAWAN berkata:

    ILMU MRP SUATU PENGETAHUAN YANG KEBENARANNYA SUDAH DIBUKTIKAN, JADI KITA SEBAGAI MANUSIA APABILA INGIN BAHAGIA DAN SEJAHTERA KITA HARUS BERPIKIR YAITU DENGAN DIDASARI ILMU DUNIA DAN AKHIRAT MAKA KITA TIDAK PERLU SUSAH UNTUK MEMPEROLEH HIDUP SUKSES, KARENA APABILA KITA SUDAH MENEMUKAN KUNCINYA (ILMU) MAKA KITA AKAN SELALU WASPADA DAN HATI-HATI DALAM BERBUAT.
    SEBAGAIMANA FIRMAN ALLAH SWT. DALAM SURAT FATHIR :28 “SESUNGGUHNYA YANG TAKUT KEPADA ALLAH DIANTARA HAMBA-HAMBANYA HANYALAH ULAMA (ORANG BERILMU)”

  6. Asep Kuhro berkata:

    1.*manfaat mampelajari Filsafat Ilmu:
    - Menambah Ilmu Pengetahuan
    - Manusia selalu ingin berpihak bagaimana suatu hal itu bisa tercapai dengan baik
    - menambah tingakat keimananyang kuat
    - bisa berfikir suatu teratur dan logis
    * manfaat mempelajari filsafatr ilmu
    - bisa mengkaji ilmu lebih mudah
    - bisa mengtahui bermacam-macam filsafat : Filsafat sosial, melahirkan ilmu sosial
    - ilmu filsafat sangat penting bagi kehidupan kita sehari-hari
    - dengan ilmu kita dapat mengetahui hal -hal baru, hal penting
    2. Ada
    berfikir bisa tanpa adanya unsur /saint filsafat
    berfikir secara ilmiah berfikir berdasarkan pengetahuan
    berfikir secara filsafat berdasarkan saint
    3. karena untuk melalui tujuan secara banyak dan lebih mendalam
    4. kalau berfikir secara normal berfikir biasa
    kalau berfilsafat berfikir secara normal tapi didasarkan pada pengetahuan dan berfikir untuk mencapai suatu tujuan
    5. berfikir cepat dan benar, karena kalau sesuatu atau tugas belum selesai hati dan perasaan saya tidak akan tenang, dan tugas ini ingin saya selesaikan dengan sebaik-baiknya sesuai dengan kemampuan saya

  7. Eman/3/akun berkata:

    1. Dengan mempelajari filsafat dan filsafat ilmu, saya dapat mengetahui hal-hal (ilmu) baru yang bermanfaat bagi kehidupan yang sebelumnya tidak saya ketahui. Disamping itu juga saya bisa berfikir tentang sesuatu berdasarkan filsafat ilmu, dimana pemikiran kita secara logis dan rasional.
    2. – Berfikir biasa merupakan proses berpikir/ pengembangan pikiran tanpa didasarkan unsur ilmu dan filsafat, dimana berfikir disini hanya sederhana saja.
    - Berfikir ilmiah merupakan proses berfikir/ pengembangan pikiran yang tersusun secara sistematis yang berdasarkan pengetahuan-pengetahuan ilmiah,yang sudah ada/
    - Berfikir Filsafat merupakan proses berfikir/ pengembangan pikiran berdasarakan ilmu-ilmu pengetahuan yang lebih dalam lagi, sehingga menghasilkan suatu pemikiran yang benar-benar dapat dipertanggungjawabkan.
    3. Ilmu harus didasari dengan asumsi filsafat karena dengan filsafat, ilmu dapat lebih berkembang dan mendalam lagi.
    4. Dalam berfikir tidak berdasarkan ilmu/ filsafat, hanya berfikir biasa saja. Tetapi kalau berfilsafat itu didalamnya mencakup kegiatan berfikir yang berdasarkan ilmu pengetahuan.
    5. Pada saat membaca soal, saya pikir sangat mudah sekali soal yang diberikan, tetapi yang saya rasakan saat saya harus menjawab soal tersebut, terus terang saya kebingungan,jawaban yang bagaimana yang harus saya berikan. Saya tahu mengenai “berfikir, ilmu dan berfilsafat”, tetapi sulit mengungkapkannya.

    EMAN SULAEMAN
    03203510131
    Tk. 3/ AKUNTANSI (karyawan)

  8. defi/3/akun berkata:

    1) Dengan mempelajari filsafat dan filsafat ilmu,maka kita sebagai manusia yang berfikir akan memperoleh pengetahuan yang lebih dikarenakan filsafat disini mengajak kita berfikir diatas berfikir, yaitu berfikir yang logis dan rasional dengan pembiktian-pembuktian yang ilmiah yang dapat diterima secara umum.
    2) Ada
    Berfikir biasa merupakan suatu proses pengembangan ide dan konsep yang tingkatannya masih terbatas atau sederhana karena prosesnya sanagtlah mudah dan hamp[ir semua orang dapat melakukannya.
    berfikir ilmiah yaitu berfikir disini telah disusun secara sistematis mengenai sebuah objek tertentu yang menghasilkan pengetahuan ilmiah
    Berfikir filsafat yaitu tahapan paling tinggi dari jenis berfikir, berfikir disini meliputi berfikir biasa, berfikir ilmiah dan berfilsafat.yaitu berfikir dengan logis dan rasional dengann segala pembuktian yang dapat di pertanggung jawabkan dan di terima oleh umum
    3)karena jika ilmu tdk di asumsikan pada filsafat maka ilmu itu tidak akan berkembang dan menghasilkan pengetahuan yang baru,dan jika berfikir di asumsikan kepada filsafat maka ilmu itu akan terus berkembang
    4) berfikir tidak mencakup berfilsafat, karena berfikir hanya sifatnya sederhana yang menghasilkan sesuatu yang biasa dan hampir semua orang bisa melakukannya,tetapi kalau filsafat mencakup kegiatan berfikir biasa, berfikir ilmiah, dan berfikir berfilsafat.dan tidak semua orang tidak bisa berfikir filsafat.
    5) yang saya fikirkan pada saat membaca soal diatas adalah kita sebagai manusia harus bisa menggunakan akal kita untukberfikir, namun kita jangan mau hanya berfikir biasa karena hampir semua orang bisa melakukannya. jadi kita seharusnya harus mempunyai keinginan untuk berfikir sistematis/ tersusun dengan didasarkan pada pembuktian yang rasional/ berfilsafat. disamping itu juga kita harus mendasarkan pikiran kita kepada ilmu agama, karena dikhawatirkan kalau kita berfikir berfilsafat tanpa didasarkan pada ilmu agama maka akan mencelakakan diri kita sendiri.fungsi ilmu agama disini untuk mengajak kita berfikir sesuai dengan ajaran yang benar. jika kita berfikir berfilsafat, maka segala sesuatu didasarkan pada pembuktian-pembuktian yang ada, sedangkan hidup ini kita sebagai umat Islam ada sesuatu yang harus kita yakini yang tidak dapatdibuktikan atau didasarkan pada filsafat, tetapi kita harus percaya, contohnya peristiwa Isra Mi’raj.

    Defi Gusfari
    03203510125
    Tk.3/ akuntansi (karyawan)

  9. Jika anda tertarik dengan filsafat,saya mengundang anda sebagai rekan diskusi saya….(Dr. Boas Boangmanalu, Dosen Pascasajana Dept. Filsafat)

  10. Asep Kuhro berkata:

    1. Pengalaman yang berkaitan dengan manfaat ilmu yang saya rasakan :
    Misalkan dalam pekerjaan saya sangat berhubungan sekali dengan ilmu, dengan ilmu kita dapat mengerti apa yang harus dikerjakan, dengan ilmu kita mengerti permasalahan-permasalahan yang ada dalam pekerjaan kita, dengan ilmu kita akan mudah untuk memecahkan masalah-masalah dalam pekerjaan ataupun kehidupan sehari-hari.
    2. Benar
    karena filsafat merupakan pengetahuan yang kita ketahui juga filsafat bisa merupakan sesuatu hal keimanan kita, juga dengan filsafat kita bisa berfikir dengan benar dan terarah, juga menambah ilmu dan wawasan yang belum kita ketahui.
    3.keprihatinan tersebut tidak lepas dari idividual itu sendiri mau tidak menggali kehidupan sekarang yang serba eksploitatif ini menggunakan ilmunya, dengan cara banyak belajar mengenai kehidupan sekarang.
    4. – ilmu bebas nilai
    ilmu yang tidak terbatas (konvensional)aturannya tidak tertulis.
    -. ilmu tidak bebas nilai
    ilmu yang dipelajari secara formal melalui pendidikan yang aksesnya dapat ditempuh dalam kehidupan sehari-hari.
    5. yang saya fikirkan ilmu kehidupan sekarang cenderung berfikir instan cepat selesai dan mudah dengan hasil yang baik.

  11. DADAN AHMAD GANDARA berkata:

    Yth. Bapak Uhar Suharsaputra

    Pak, saya Dadan Ahmad Gandara
    Kelas Karyawan Jurusan Manajemen Fakultas Ekonomi
    Mau menanyakan nilai saya untuk mata kuliah Filsafat Ilmu
    nilai saya tidak ada di daftar nilai, saya ikut UAS susulan
    dan soal-soal di web site Bapak sudah saya jawab.
    Mohon kepada Bapak untuk dimaklumi.
    Sekian dan terima kasih.

    Dadan Ahmad Gandara

  12. dani berkata:

    pak saya maba dari jurusan ilmu komunikasi , yang saya mau pertayakan adalah
    1 apakah ciri-ciri ilmu pengtahuan?
    2 apakah ciri-ciri ilmu sosial?
    3 mengapa ilmu komunikasi dikatakan sebagai ilmu pengetahuan?

    mohon segera dibalas untuk kelancaran tugas saya yang sudah mendekati deadline.sekiranya bapak sudi memaklumi.mohon maaf yang sebesar-besarnya.sekian dan terima kasih.

    • rica berkata:

      kak dani, saya siswa SMA. dan saya sangat mebutuhkan jawaban ciri – ciri ilmu pengetahuan..tolong di blz sekarang juga yaw…untuk besok soale…

  13. uhar berkata:

    nilai ada terlewat masuk nilainya A

  14. indra berkata:

    Pak salam sejahtera
    melalui kesempatan ini, saya ingin menanyakan tentang pengertian filsafat ilmu dan sejarah perkembangan ilmu filsafat
    sebelum dan sesudahnya saya ucapkan banyak limpah terima kasih

  15. Spenda berkata:

    Pak, mohon maaf gimana kalo mo gabung ke club IT?

  16. ira berkata:

    pAK saya Mahasiswi universitas Riau,
    saya ingin komentar Bapak mengenai ILMI BEBAS NILAI, karna kami ad tugas dari dosen..
    trimakasih

  17. yepri smk karnas berkata:

    Pak ada topik menarik untuk disertasi tentang smk?

  18. Arief Kurnuawan berkata:

    Yth. Bapak Uhar Suharsaputra
    saya ada beberapa pertanyaan yang sedikit membingungkan, saya mohon bisa dibantu
    pertanyaannya ialah:
    1. apakah yang dimaksud dengan berpikir ilmiah?
    2. apakah yang dimaksud dengan tulisan ilmiah?
    3. apakah yang dimaksud metode ilmiah?
    4. apakah yang dimaksud penelitian?
    5. tujuan dari suatu penelitian?
    demikian beberapa pertanyaan yang saya bingungkan. saya mohon bapak dapat membantu saya.terimakasih. wassalam

  19. KOKO IRWANDA berkata:

    Bisakah anda mengirimkan Permasalahn-permasalahan yang timbul dalam mempelajari filsafat ilmu

  20. Fatma berkata:

    Assalamu ‘alaikum dan selamat pagi Pak Uhar
    Ada beberapa hal ingin yang saya tanyakan sama Bapak.
    1. Apa manfaat belajar filsafat ilmu pada jenjang pendidikan S2 dan pd jenjang S1 tidak dianggap penting.
    2. Kontraversi

  21. amanda berkata:

    ad beberapa hal yang ingin sya tanyakan :

    cara berfikir apa saja dalam berfilsafat ??
    sperti salah satunya dalam filsafat kita mesti berfikir secara sistematis dan koherensif,,selain itu apa lagi??

  22. dewi berkata:

    ass…
    pak saya mau tanya bbrapa hal tntngciri2 persoalan filsafat
    1. sangat umum
    2. tdk menyangkut fakta
    3. nilai-nilai
    4. bersifat kritis
    5. dinoptik
    6. implikatif
    trimakasih pak sebelumnya..

  23. lewis mangundap berkata:

    Yth. Bapak Uhar Suharsaputra
    tolong di bantu pak… saya ada pertanyaan… TIK di pandang dari SDM menurut konsep-konsep dan teori-teori administrasi dan manajemen

  24. mikies berkata:

    Askum…
    pak saya mau bertanya, apa yang dimaksud dengan hubungan filsafat berkaitan dengan ilmu terhadap masa depan??trs apa manfaatnya bagi yang mempelajari?

    sekian dan terimakasih

  25. sofie berkata:

    saya mau bergabung dengan forum diskusi filsafat bapak.terima kasih. Sofie_Makassar

  26. Mantap, dan sungguh karya yang ok. GBU

  27. abdul hakim berkata:

    Saya baru ketemu yg saya cari!. sangat ingin saya bergabung pd forum ini, duniaku adalah filsafat. Abdul Hakim, pns, kab ktp kalbar. (negeri jauh dr hiruk pikuk).

  28. syafrinmarching@ymail.com berkata:

    mw tanya 11 fungsi filsafat

  29. Agus Shadiqin berkata:

    Assalamualaikum Wr. Wb
    Maaf pak nepangkeun saya Agus Sadikin dr Serang. Alhamdulillah sy menemukan blog ini dan bisa belajar banyak dari bapak, Untuk itu sy mohon izin download, semoga ilmunya bermanfaat dan mendapatkan keberkahan. Terimakasih, Jazakallahu khairon katsiro.

  30. At Laily berkata:

    dalam belajar filsafat sebagai orang yang baru mungkin akan merasa kesulitan karena belum memahami dasarnya.
    saya ingin bertanya secara umum filsafat itu apa agar mudah dipahami dan masalah yang terjadi di sekitar kita berkaitan dengan filsafat sendiri itu apa?
    mohon bantuanya.

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s