Pendulum Pendidikan

Kehidupan itu ibarat pendulum, dalam berfikir dan bersikap, posisi tengah selalu menjadi kondisi ideal yang perlu diperjuangkan. Ini berlaku dalam berbagai hal, dalam berfikir, dalam ilmu, dalam teknologi. Kalau berbicara kualitas, ada yang baik ada yang buruk, bentuk interaksinya selalu merupakan dialektika, upaya mendorong sesuatu agar lebih berkualitas, mengindikasikan adanya posisi yang kurang berkualitas, dan adalah sulit menggeser pendulum dari posisi kurang berkualitas. Dilihat dari jangkar pendulum normal posisi kurang berkualitas sebenarnya berada dalam posisi tidak seimbang, dia seimbang bila jangkar pendulumnya berkondisi tidak normal, dan hal ini juga berlaku bagi sesuatu yang lebih berkualitas, keadaan lebih berkualitas belum tentu berada dalam posisi keseimbangan, sehingga untuk mempertahankannya dalam posisi tersebut amat berat (posisi sebenarnya dilihat dari jangkar pendulum adalah ditengah)

Jadi akan sulit berbicara peningkatan kualitas apabila tidak ada perubahan yang mendasar. peningkatan sdm, dan fasilitas penunjang untuk mendongkrak kualitas sebenarnya akan sulit berdampak pada kualitas bila jangkar pendulum tidak mengalami perubahan, karena posisinya akan selalu tidak seimbang.  Jadi masalah sebenarnya ada dalam posisi jangkar pendulum, bagaimana bila hal tersebut diterapkan pada ORGANISASI PENDIDIKAN sebagai suatu system?

Sederhananya adalah pendulum organisasi pendidikan harus terus berubah ke posisi yang lebih baik, berkualitas, kompetitif  dan atribut lainnya yang menunjukan posisi ideal, dan itu berarti harus melakukan kerja besar merubah jangkar pendulum organisasi, yakni identitas, personalitas organisasi, dan ini bias terjadi bukan dengan hanya mendidik sdm, menambah fasilitas penunjang, tapi pada kepribadian organisasi yang mungkin merupakan visi dalam tataran muka yang terinternalisasi dengan bagian-bagian lain dalam organisasi, atau mungkin juga yang lain yang masih perlu dicermati, yang jelas perubahan dalam tataran muka sama sekali tidak akan mengganti posisi  jangkar pendulum.

Tentang Dr. Uhar Suharsaputra

PENELITI DAN PENULIS
Pos ini dipublikasikan di Refleksi. Tandai permalink.

Satu Balasan ke Pendulum Pendidikan

  1. SYG225 berkata:

    institusi itulah yang kadang lebih susah dirubah,…karena sering sekali terdiri dari berbagai personal yang tdk berkualitas

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s